Ekstrimis Budha Bakar Pasar Muslim Myanmar

27 Mar 2014Redaksi Berita

Ekstrimis Budha Bakar Pasar Muslim Myanmar

ARAKAN (www.hasmi.org)  | Pada hari rabu (26/3/2014) pagi, ekstrimis Budha kembali melakukan kejahatan terhadap muslim ohingya. Mereka membakar sebuah pasar umat muslim di utara distrik Monghidu, provinsi Arakan, Myanmar Barat.

Kantor berita Rohingnya mengutip dari sumber tepercaya mengatakan bahwa ekstrimis Budha membakar pasar muslim di kota Oidang, utara Moghidu, pada pukul empat dini hari waktu setempat, sebagaimana dilansir islammemo.cc.

Pasar tersebut terletak tepat di sebelah Masjid Al-Jum’ah Oidang. Di dalamnya berisi toko dan ruko milik warga Muslim Rohingya. Pasar itu menjadi tujuan utama warga sekitar kota untuk berjual beli.

Saksi mata mengatakan bahwa ia melihat sejumlah anggota ekstrimis Budha membakar sepuluh toko hanya dalam waktu beberapa menit, kemudian melarikan diri.

Saksi mata lainnya bernama Musa dan juga warga setempat menambahkan bahwa penyerangan itu dilakukan oleh empat ekstrimis Budha dengan mengendarai sepeda motor. Mereka melarikan diri setelah membakar sejumlah toko di pasar tersebut.

 “Api membakar pasar setelah empat anggota ekstrimis Budha pergi dari pasar tersebut. Adapun masjid yang terletak tepat di sebelahnya tidak ada kerusakan akibat kebakaran itu,” ujar Musa.

Sejumlah saksi mata lainnya juga menambahkan bahwa warga muslim berhasil memadamkan api, sebelum api semakin membesar dan membakar seluruh toko.(Red/HASMI/KIBLAT)