Nama, Makna & Tujuan

28 Mar 2017Redaksi

:: Nama, Makna dan Tujuan ::

Harakah ini menamakan dirinya sebagai ”Himpunan Ahlussunnah untuk Masyarakat Islami” dan disingkat atau dikenal dengan nama HASMI.

Walaupun kegiatan HASMI yang tidak resmi telah dimulai lebih dari lima tahun yang lalu, tetapi pendirian HASMI secara resmi dengan akte notaris baru terjadi pada tahun 2005.

Nama resmi telah di pilih untuk menggambarkan dasar, sifat dan tujuan harakah. Sekedar untuk menjelaskan gambaran tersebut, kami mencoba menjelaskan kandungan nama ini sesingkat mungkin. Dengan memakai istilah Himpunan kami mencoba menggambarkan bahwa organisasi ini adalah organisasi yang tiada hentinya untuk bergerak dan menghimpun sebagai suatu wadah menuju tujuan dengan vitalitas penuh.

Sedangkan kata Sunniyyah menekankan bahwa harakah ini berjalan di atas sunnah Rosululloh sholallohu ‘alaihiwasallam, dan menolak seluruh bentuk peribadatan yang tidak disyariatkan oleh Rosululloh. Karena semua peribadatan yang tidak disyariatkan oleh Rosululloh adalah kesesatan. Kata Sunniyyah juga menggambarkan salah satu tujuan utama, yaitu menghidupkan sunnah (sunnah disini artinya islam yang murni seperti yang diajarkan Rosululloh sholallohu ‘alaihiwasallam) dan mengkikis habis kesyirikan serta peribadatan yang tidak disyariatkan oleh Rosululloh dari kehidupan kaum muslimin, agar keimanan dan peribadatan mereka menjadi benar dan di terima oleh Alloh subhanahu wata’ala.

Adapun kata-kata Masyarakat Islami adalah pencanangan tujuan final dari harakah ini. Dengan demikian nama ini kami anggap cukup memperkenalkan jati diri sang empunya.