Bertanya Ustadz Untuk Mengetahui Barang Yang Hilang

1 Apr 2017Redaksi Konsultasi

Pertanyaan:
Assalamualaikum…
Ustadz, saya mau tanya. Apakah suatu pelanggaran, jika seseorang kehilangan barang lalu mendatangi seorang ustadz dengan harap sang ustad memberi tahu di mana dan siapa yang mengambil barang tersebut. Apakah itu termasuk dalam kesyirikan?

Warni (WR-010)

Jawaban:
Waalaikumsalam warohmatulloh wa barokatuh..
Alhamdulilah wassolatu wassalamu ala rosulillah amma ba’du.

Tidak ada seorang pun yang mengetahui hal-hal yang gaib kecuali Alloh subhanahu wata’ala. Alloh subhanahu wata’ala berfirman:

قُلْ لَا يَعْلَمُ مَنْ فِي السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضِ الْغَيْبَ إِلَّا اللَّهُ

Katakanlah: “tidak ada seorangpun di langit dan di bumi yang mengetahui perkara yang ghaib, kecuali Alloh.” (Qs. an-Naml: 65)

Barang yang hilang itu yang tadinya kongkrit berubah menjadi gaib, karena tidak diketahui keberadaannya. Dan hal ini hanya diketahui oleh Alloh, sehingga tak ada seorang pun yang mengetahuinya termasuk ustadz yang akan dituju atau dukun atau atau siapapun.

Hal ini menjadi kekhususan Allah. jika kita meyakini bahwa kekhususan Alloh ini juga dimiliki oleh orang lain berarti kita telah terjerumus ke dalam kesyirikan. sebab sama halnya dengan meyakini bahwa orang tersebut seperti Allah dalam mengetahui hal yang gaib.

Wallahu’alam…