Diprediksikan Gunung Berapi Islandia Akan Segera meletus

21 Mar 2014Redaksi Berita

Diprediksikan Gunung Berapi Islandia Akan Segera meletus

ISLANDIA (www.hasmi.org)  | Gunung berapi Hekla di Islandia yang sudah lama mati pun sekarang mulai terlihat bangun dari tidur panjangnya. Bukan hanya gunung berapi di Indonesia saja yang tahun ini menampakan aktivitas vulkaniknya, gunung di Islandia pun tak jauh beda dengan di gunung Indonesia.

Hal ini diketahui oleh para peneliti geologi University of Iceland. Para peneliti menemukan bukti bahwa mulai terlihat gundukan magma yang naik di sisi utara gunung berapi, Seperti yang dilansir oleh Mashable (19/3).

Menurut GPS sendiri, memang saat ini makin banyak magma yang tersimpan tepat di bawah Hekla. Padahal, terakhir kali hal itu terjadi sudah cukup lama, yaitu tahun 2000.

Para pengamat saat ini tengah memperhatikan Hekla dengan ketat mengingat tipe erupsinya yang bisa terjadi kapan saja. Seperti pada 2000, letusan Hekla terjadi setelah muncul gempa 79 menit setelahnya.

Gunung berapi Hekla yang puncaknya tertutup salju sudah 20 kali meletus dalam 1.200 tahun terakhir. Tiap kali meletus, seluruh Islandia bakal tertutup debu vulkanik dan lava persis seperti letusan Gunung Kelud.

Sebuah letusan terakhir Hekla terjadi pada 26 Februari 2000. Akibat letusan itu, dampaknya dirasakan hingga dua minggu oleh seluruh negeri.(Red/HASMI/MERDEKA)