Terjadi Ledakan, Gedung Tingkat 5 di New York Ambruk

13 Mar 2014Redaksi Berita

A dead body under the rubble after an eight-storey unauthorised under-construction building collapsed in Shil Phata area of Mumbra, in Thane district, oustskirts of Mumbai.

NEW YORK (www.hasmi.org) | Pada hari rabu (12/3/2014) pagi waktu setempat, gedung tingkat 5 di kawasan Harlem Timur ambruk, di kota New York. Runtuhnya bangunan tersebut disebabkan oleh ledakan dari kebocoran gas.

Warga setempat melaporkan terjadinya ledakan di gedung apartemen di 116th Street dan Park Avenue sebelum gedung ambruk. Sebagaimana dikutip BBC.

Jaringan kereta menuju terminal Grand Station dihentikan menyusul insiden yang terjadi tidak jauh dari jalur kereta itu.

Kantor pemadam kebakaran menyebut insiden itu sebagai ancaman terbesar dengan mengerahkan 168 personil untuk memadamkan kebakaran.

Media setempat melaporkan 11 orang mengalami luka ringan sementara satu rumah sakit menyebutkan seorang pasien mengalami luka parah.

“Tampaknya seperti kejadian (Twin) Tower -Menara Kembar- lagi. Semua orang terkena abu dan menutup mulut mereka,” kata Mitch Abreu seorang saksi mata.

 Seorang petugas juga diminta untuk menutup pipa gas menyusul ledakan yang merusak jendela-jendela gedung di seputar, lapor TV WABC.

 “Terjadi ledakan dan satu gedung ambruk,” kata juru bicara kepolisian New York kepada kantor berita AFP.

 Walikota New York Bill de Blasio mengatakan dalam sebuah konferensi pers bahwa kebocoran gas sebetulnya sudah dilaporkan ke perusahaan perbaikan 15 menit sebelum ledakan.

Walikota de Blasio mengatakan ledakan besar  itu telah menghancurkan dua bangunan dan merusak struktur bangunan lain di sekitarnya.

Menurut Dinas Pemadam Kebakaran New York mengatakan 22 orang terluka, namun perhitungan yang dilakukan di sejumlah rumah sakit lokal oleh ABC News menemukan bahwa 64 telah dirawat karena luka akibat insiden itu.

Angka tersebut termasuk tujuh anak-anak dan satu perempuan yang berada dalam kondisi kritis.

Jalan-jalan dan trotoar di sekitar lokasi dipenuhi dengan pecahan kaca dari jendela yang hancur.

Pihak berwenang di daerah itu telah membagi-bagikan masker medis untuk warga karena tebalnya asap putih di lokasi kejadian.

Saksi mata mengatakan kepada BBC ada kepanikan yang hebat setelah ledakan yang terjadi..(Red/HASMI/ANNAJAH)