Amanah Itu: Tugas Dan Tujuan Kehidupan

Amanah Itu Tugas Dan Tujuan Kehidupan“Sesungguhnya Kami telah mengemukakan amanah kepada langit, bumi dan gunung-gunung, maka semuanya enggan untuk memikul amanah itu dan mereka khawatir akan mengkhianatinya, dan dipikullah amanah itu oleh manusia. Sesungguhnya manusia itu amat zhalim dan amat bodoh.”

(Qs. Al Ahzab [33]: 72).

 Saudaraku kaum Muslimin yang mulia.

Tahukan kalian, amanah apakah yang telah diemban manusia itu?

Menurut Abul `Aliyah  amanah di ayat ini berarti “perintah Alloh  untuk menta`ati-Nya dan larangan untuk ma`siat kepada-Nya”. Sedangkan Ibnu `Abbas , Mujahid , Hasan  dan Ibnu Zubeir  mengartikan amanah de-ngan “undang-undang dan hukum yang Alloh wajibkan untuk hamba-hamba-Nya”. (an-Nukat wal Uyun: 3: 396).

Intinya menurut para ahli tafsir yang mulia, amanah itu adalah “pengabdian kepada Alloh  dengan mendirikan agama-Nya dan tugas kekhi-lafahan, penguasa bumi yang berperan sebagai pe-nyelenggara tauhid”.

Ini berarti manusia mengemban satu amanah besar yaitu menunaikan tujuan dari penciptaannya, beribadah hanya kepada Alloh  saja serta me-nyandang tugas khilafah, yaitu bertugas menegak-kan syari`at tauhid di muka bumi untuk seluruh makhluk-Nya.

Manusia diberi amanah Islam, sirotul mus-taqim yang dibawa oleh para rosul-Nya untuk di-peluk, diyakini, diamalkan, disebarkan dan di-tegakkan untuk semua makhluk bumi.

Manusia bukan bertugas mencari harta benda, bukan bertugas memperbanyak keturunan (walau-pun semua itu adalah sarana penting untuk me-nunaikan tugasnya), tetapi tugasnya adalah “meng-abdi hanya kepada Alloh  dengan mendirikan

tauhid untuk seluruh makhluk-Nya”.

Alloh  berfirman:

“Dan Aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan supaya mereka beribadah hanya kepada-Ku. Aku tidak menghendaki rezki sedikitpun dari mereka dan Aku tidak meng-hendaki mereka memberi Aku makan. Se-sungguhnya Alloh Dialah Maha Pemberi rezki Yang Mempunyai Kekuatan lagi Sangat Kokoh.” (QS.Adz-Dzariyat [51]: 56-58)

“Katakanlah: “Sesungguhnya sholatku, praktek-praktek ibadahku, hidupku dan matiku ha-nyalah untuk Alloh, Robb semesta alam, tiada sekutu bagi-Nya; dan demikian itulah yang diperintahkan kepadaku dan aku adalah orang yang pertama-tama menyerahkan diri (kepada Alloh)”. (QS. Al-An`am [6]: 162-163)

Ibadah berarti “seluruh bentuk perkataan dan perilaku, baik yang tersembunyi di batin maupun yang tampak di zhohir  harus berasas pada apa yang dicintai dan diridhoi Alloh ”. Praktek-paktek gerak dan diam manusia yang tam-pak maupun tersembunyi harus untuk Alloh dan berasas hukum-hukum-Nya. Undang-undang dasar kehidupan manusia, baik yang bersifat individual maupun yang bersifat kolektif komunal haruslah wahyu, al-Qur`an dan Sunnah Rosul-Nya. Loyali-tas dan anti loyalitasnya pun harus diasaskan pada kecintaan dan kebencian Alloh  yang tertuang dalam wahyu tuntunan-Nya.

Setelah dituntut beriman, manusia-manusia beriman itu diperintahkan menegakkan tauhid dan syari`at-Nya serta berda`wah dan berjihad untuk memasukkan umat manusia ke dalam agama Alloh , juga untuk menegakkan syari`ah untuk semua makhluk bumi. Inilah tugas dan tanggung jawab manusia sebagai kholifah di muka bumi.

AMANAH ITU SENTRAL KEBANGKITAN DAN KETERPURUKAN

Saat menceritakan tawaran amanah kepada Adam  yang tidak mampu dipikul oleh langit, bumi dan gunung-gunung, Ibnu Katsir  mence-ritakan:

“Ali bin Abi Tholhah meriwayatkan bahwa Ibnu `Abbas  berkata: Amanah adalah kewa-jiban dari Alloh  yang ditawarkan kepada langit, bumi, dan gunung-gunung, dimana jika mereka menunaikannya mereka akan diberikan balasan mulia dan jika diabaikan, mereka akan dibalas hina. Mereka pun semua tidak siap menerimanya dan khawatir mengabaikannya sebagai tanda pe-ngagungan kepada agama Robbnya. Amanah ini pun kemudian disampaikan kepada Adam  (dengan semua kandungan dan konsekwensinya), dan Adam  menerimanya”. (Tafsir al-Qur`an al-`Azhim, Ibnu Katsir: 6/488).

Riwayat ini sangat tegas menggambarkan bahwa amanah (ibadah dan khilafah) adalah poros sentral kebangkitan dan keterpurukan manusia, baik individual maupun komunal kebangsaan di sisi Alloh , bukan ekonomi atau ilmu penge-tahuan alam dan teknologi seperti propaganda kaum sekuler atau pengamat Muslim pecinta dunia.

Alloh  berfirman:

“Dan Alloh telah membuat suatu perumpa-maan (dengan) sebuah negeri yang dahulunya aman lagi tenteram, rezkinya datang kepa-danya melimpah ruah dari segenap tempat, tetapi (penduduk)nya mengingkari nikmat-nikmat Alloh; karena itu Alloh merasakan kepada mereka pakaian kelaparan dan ke-takutan, disebabkan apa yang selalu mereka perbuat.” (QS. An-Nahl [16]: 112)

Menurut para ulama tafsir, negeri yang di-maksud dalam ayat ini adalah Makkah. Apa yang terjadi saat penduduk Makkah mengingkari nik-mat – nikmat Alloh, yaitu dengan mendustakan ajaran dan tuntunan Rosululloh ? Negeri yang pada awalnya penuh ketentraman dan kedamaian, saat itu berubah menjadi bencana dan petaka, penuh kemiskinan dan keterpurukan.

Keterpurukan ruhani yang melanda Makkah saat itulah yang mengakibatkan keterpurukan duniawi, kelaparan dan ketakutan yang amat kelam.

Pandangan ini tercermin pada keyakinan dari seorang sohabat yang mulia, Ja`far bin Abi Tholib  saat menerangkan keadaan mereka kepada Raja Habasyah (Ethiopia):

“Wahai tuan Raja… Dahulu, kami adalah bangsa jahiliyyah. Kami menyembah patung ber-hala, memakan bangkai, berbuat keji hina, me-mutus hubungan rahim, berbuat buruk kepada tetangga dan si kuat menindas si lemah. Di saat kondisi seperti itulah Alloh  mengutus Rosul-Nya kepada kami yang sangat kami kenal keturunan, kejujuran, amanah dan kebersihannya. Dia seru kami untuk beribadah hanya kepada Alloh  dan mengabdi-Nya, meninggalkan patung-patung berhala batu, dan lainnya, serta jujur dalam ber-kata, menunaikan amanah, silaturrahmi, terlarang menumpahkan darah haram, melarang kekejian, berkata kotor, makan harta anak yatim, dan lain-nya…” (ar-Rohiqul Makhtum: 84). Betapa indah dan kokohnya keyakinan Anda wahai sohabat yang mulia… Rodiyallohu `anhu (Semoga Alloh  meridhoinya)…

Di mata orang-orang yang bertauhid terdapat konsep “Penunaian amanah adalah sentral kebangkitan, dan pengabaian amanah adalah sentral keterpurukan umat manusia”.

Renungkanlah…!!!

Dan berbenahlah untuk bangkit…!!!

Check Also

IMRAN BIN HUSHAIN/Seperti Malaikat

IMRAN BIN HUSHAIN Seperti Malaikat   Pada tahun Perang Khaibar, ia datang kepada Rasulullah ﷺ …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *