Suriah telah luncurkan 40 Rudal Balistik Jenis Scud Dalam 2 Bulan Terakhir

21 Feb 2013Redaksi Berita Islam Terkini

Rudal Balistik Jenis ScudSuriah-HASMI.org| Pemerintah Suriah telah menembakkan setidaknya lebih dari 40 rudal balistik jenis Scud ke posisi pejuang di utara negara itu dalam dua bulan terakhir ini, berdasarkan laporan intelijen Turki yang berhasil dikumpulkan dari wilayah tersebut.

Damaskus memulai menggunakan senjata rudal Scud pada akhir Desember lalu setelah kehilangan kendali atas provinsi utara di tengah tingginya jumlah korban dari pasukan keamanan pemerintah.

Tentara Suriah terutama menargetkan Aleppo dan Idlib. seorang pejabat Turki mengatakan kepada Hurriyet Daily News, dengan menambahkan bahwa belum ada rudal jatuh di dekat perbatasan dengan Turki.

“Aleppo dan Idlib juga sangat dekat dengan perbatasan kita. Namun rudal belum menargetkan daerah yang dapat kita rasakan dengan jelas,” kata pejabat itu.

Pemerintah Suriah dengan terpaksa harus menggunakan Scud dengan alasan telah kehilangan kendali atas beberapa kota, pejabat tersebut juga menambahkan bahwa rezim sebelumnya telah menggunakan pesawat tempur untuk menyerang sampai pejuang oposisi memperoleh kemampuan untuk merespon dengan menggunakan senjata anti-pesawat.

14 anak dan 5 wanita termasuk di dalam 33 orang yang tewas ketika serangan rudal Scud rezim terhadap daerah perumahan kota di utara Aleppo pada 19 Februari yang lalu. (Red-HASMI/IP)