Korban Tewas Akibat Ledakan Bom Damaskus Menjadi 53 Orang

22 Feb 2013Redaksi Berita Islam Terkini

bom mobilDamaskus-HASMI.org| Korban yang tewas dalam ledakan bom mobil di Damaskus, Suriah, masih terus bertambah. Sedikitnya 53 nyawa telah melayang dalam insiden yang terjadi di pusat kota Damaskus ini.

Sedangkan korban yang terluka dalam insiden ini mencapai lebih dari 200 orang. Ledakan yang dilaporkan berkekuatan tinggi ini terjadi di salah satu ruas jalanan di ibukota Damaskus yang memang ramai.

Televisi nasional Suriah melaporkan, ledakan ini terjadi dekat dengan kantor partai Baath Party dan juga dekat gedung kedutaan besar Rusia di Damaskus.

Seperti dilansir AFP dan Reuters, Jumat (22/2/2013), media setempat menyebut ledakan ini dipicu oleh bom bunuh diri yang dilakukan oleh kelompok yang menentang Presiden Bashar al-Assad.

Tayangan televisi setempat menunjukkan sejumlah jasad manusia yang tergeletak di jalanan dalam kondisi hangus. Sejumlah kendaraan yang berada di lokasi kejadian juga tampak hangus akibat ledakan itu.

Pemerintah Suriah sendiri, menuding serangan bom ini dilakukan oleh kelompok bersenjata yang masih terkait dengan jaringan Al-Qaeda. Kelompok yang sama juga diyakini bertanggung jawab atas serangkaian serangan bom yang melanda Damaskus dalam beberapa minggu terakhir ini.

“Diduga keras dilakukan oleh kelompok teroris bersenjata yang masih terkait dengan Al-Qaeda yang menerima bantuan finansial dan logistik dari luar negeri,” demikian pernyataan Kementerian Luar Negeri Suriah.

Secara terpisah, ledakan bom mobil lainnya juga terjadi di dekat sebuah sekolah dan klinik kesehatan di Damaskus. Di antara korban yang tewas terdapat anak-anak. Sehingga membuat aparat keamanan menutup jalan-jalan di sekitar lokasi kejadian.

Ledakan bom di Damaskus ini terjadi pada hari yang sama ketika oposisi Koalisi Nasional Suriah menggelar pertemuannya di Kairo, Mesir, guna membahas kemungkinan solusi politik atas konflik yang sudah melanda Suriah selama dua tahun terakhir ini. (Red-HASMI/detik)