Khasiat Air Teh

23 Oct 2012Redaksi Sehat Islami

Kesehatan merupakan poros penting dalam setiap aktifitas kehidupan. Bekerja, belajar bahkan sampai beribadah semuanya akan berjalan dengan maksimal manakala kesehatan fisik menunjang. Oleh karena itu banyak cara dilakukan orang agar tubuhnya tetap fit dan sehat. Salah satu media yang digunakan adalah dengan mengkonsumsi bahan-bahan herbal yang bersumber dari tumbuhan alamiah, semisal teh.

Masyarakat pada umumnya belum banyak yang tahu fungsi teh bagi tubuh kita, tapi kalau kita kaji fungsi teh itu sangat banyak sekali, oleh karena itu kita harus tahu fungsi dari teh itu apa saja, ternyat teh sangat berkhasiat bagi tubuh manusia.

Diantara fungsi teh yang belum banyak diketahui adalah, minum teh bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh, sehingga membantu orang mengalahkan atau menjinakkan berbagai efek infeksi. Khasiat ini diketahui setelah sejumlah orang yang bukan peminum teh, disuguhi enam gelas teh hitam tiap hari. Setelah dua pekan, tubuh orang-orang tersebut terlihat lebih mampu melawan infeksi yang disebabkan oleh bakteri.

Sebuah penelitian yang dipublikasikan dalam European Journal of Clinical Nutrition melaporkan, teh bisa lebih mere dam rasa haus dan memberi manfaat lain dibanding air putih. “Minum teh sebenarnya lebih baik dibanding minum air putih,” kata Dr Carrie Ruxton, ahli gizi dan penulis utama studi tersebut, kepada BBC.

“Air pada dasarnya adalah menggantikan cairan. Sedangkan teh menggantikan cairan dan mengandung antioksidan, sehingga punya dua hal yang terjadi untuk itu,” kata Ruxton. Antioksidankhususnya flavonoid-dapat mengurangi kerusakan pada sel-sel karena aktivitas sehari-hari. Karena itu, peneliti percaya senyawa tersebut dapat membantu menangkal serangan jantung dan beberapa jenis kanker.

Mereka menemukan bukti bahwa minum 3-4 cangkir teh sehari dapat mengurangi kemungkinan terkena serangan jantung. Beberapa studi menyatakan bahwa peminum teh terlindung dari kanker, meskipun efek ini kurang jelas. Manfaat kesehatan lain termasuk perlindungan terhadap plak gigi dan kerusakan gigi, serta menguatkan tulang.

British Nutrition Foundation merekomendasikan minum teh 1,5-2 liter sehari. Dan penelitian menunjukkan bahwa minum teh 1-6 cangkir sehari, termasuk teh hitam, dapat meningkatkan asupan antioksidan. Namun ada beberapa bukti bahwa teh dapat mencegah penyerapan zat besi dari makanan sehingga mereka yang berisiko anemia harus menghindari minum teh setelah makan.

Di negara kita, teh sangat banyak sekali tersebar di kebun-kebun, bahkan salah satu tempat wisata yang banyak digemari wisatawan yaitu berkunjung ke kebuh teh di kawasan Puncak. Akan tetapi yang paling menarik lagi adalah ternyata teh Indonesia berkhasiat lebih tinggi dibanding negara penghasil teh lainnya. “Karena kondisi cuaca dan alam Indonesia menjadikan teh yang ditanam di Indonesia mengandung polyphenol  30 persen lebih tinggi dibanding teh produksi lain,” kata Alex Rumondor, GM Marketing Activation dan Public Relations PT Sinar Sosro.

Polyphenol adalah zat yang berperan melindungi sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas serta bisa menurunkan risiko penyakit degeneratif, seperti penyakit jantung, Alzheimer, dan kanker.

Jika ingin mendapatkan manfaat teh, menurut Rina Purwadi, pakar aromaterapi yang juga pencinta teh, yang harus diminum adalah teh dengan unsur daun teh terbesar. “Jadi bukan herbal tea, yang biasanya unsur tehnya lebih sedikit dengan banyak campuran bahan lain, seperti chamomile, atau herbal tea lainnya,” kata dia.

Yang dimaksud Rina dengan teh asli adalah tiga jenis teh yang sebenarnya sudah dikenal masyarakat, yaitu teh hijau, teh oolong dan teh hitam. Ketiga jenis teh ini, menurut dia, punya kadar antioksidan yang cukup tinggi untuk menahan radikal bebas dalam tubuh. “Juga baik untuk menurunkan kolesterol,” Rina menambahkan.

Bukan hanya seduhan teh yang baik untuk kebugaran. Secara tradisional, teh juga bermanfaat menjaga kesegaran kulit wajah, setelah diangin-anginkan semalaman. “Bahkan teh dalam kemasan kantong juga bisa dimanfaatkan untuk menyegarkan mata sebagai alat pengompres,” kata Rina.

Teh juga sangat berkhasiat menjaga alat pencernaan. “Tapi hati-hati, karena kita tahu bahwa, kalau terkena diare, pertolongan pertamanya adalah minum teh hangat yang kental, maka sebaliknya jangan minum teh terlalu kental untuk mencegah sembelit,” kata Rina.

Namun, untuk mendapatkan manfaat secara maksimal, harus diketahui cara menyajikan teh yang benar. Teh harus diseduh sekitar tiga menit dengan kekentalan yang disesuaikan dengan selera. “Tapi ada baiknya minum teh juga harus dinikmati perlahan-lahan. Hirup aroma kesegarannya saat masih hangat,” kata Rina. “Kalau perlu, sajikan tiga kali sehari dengan cangkir yang cantik untuk menambah kenikmatan minumnya.”

Selain itu, perhatikan apakah teh tersebut masih layak minum atau sudah kadaluwarsa. “Untuk mengetahui apakah teh itu sudah tidak layak minum adalah rasa dan aromanya sudah berubah, lebih asam, dan pahit,” kata Alex. Sebenarnya, sebelum dicicipi pun, teh yang tak layak dikonsumsi sudah terlihat. Biasanya teh itu berwarna lebih gelap, keruh, dan ada busa. “Ini berarti mikroorganisme seperti bakteri sudah berkoloni.

Demikianlah sekilas tentang karunia yang Alloh Subhanahu wa Ta’ala ciptakan berupa daun teh yang ternyata banyak sekali manfaat untuk tubuh kita. Semoga kita bisa mengambil pelajaran dari semua ini. (Red-HASMI)

.:: Wallahu Ta’ala ‘Alam ::.