Dahsyatnya Manfaat Madu Yang Menakjubkan

12 Aug 2014Redaksi Serba Serbi

Madu memiliki sejuta manfaat yang telah diketahui semenjak zaman dahulu. Khasiat madu sungguh sangat menakjubkan dan menawan. Sebelum para pakar kesehatan dunia menyingkap tentang keajaiban madu, Al-Qur’an sebagai kitab suci yang relevan dengan ilmu pengetahuan modern telah menyebutkan khasiat madu.

Alloh ṣallallāhu 'alayhi wa sallam (peace and blessings of Allāh be upon him) berfirman: “…Dari perut lebah itu ke luar minuman (madu) yang bermacam-macam warnanya, di dalamnya terdapat obat yang menyembuhkan bagi manusia.(QS. an-Nahl [16]: 69)

Mengonsumsi madu secara rutin adalah resep Ilahi bagi yang berharap tubuhnya tetap sehat dengan cara alami. Para ilmuwan klasik sampai modern sepakat bahwa madu adalah minuman kesehatan alami yang memiliki banyak manfaat bagi tubuh manusia, diantaranya adalah sebagai berikut;

Madu dan Penyakit Jantung

Dr. FG Winarno Kepala Pusat Pengembangan Teknologi Pangan Institut Pertanian Bogor dalam bukunya ” Madu, Teknologi, Khasiat dan Analisanya,” menyatakan gula dan mineral dalam madu berfungsi sebagai tonikum bagi jantung. Otot-otot jantung bekerja tanpa henti sehingga selalu membutuhkan glukosa sebagai sumber tenaga untuk mengganti energi yang hilang. Nutrisi madu sebagaian besar (315) terdiri atas glukosa.

Madu dan Infeksi Lambung (maag) dan tukak lambung

Dalam sebuah studi yang dipublikasikan dalam majalah Pharmacolres tahun 2001 para peneliti menyatakan bahwa madu bisa membantu pengobatan infeksi lambung. Para peneliti juga melakukan penelitian tentang pangaruh madu alami terhadap bakteri yang terbukti bisa menyebabkan terjadinya tukak lambung atau infeksi lambung, yang dikenal dengan bakteri philory. Diperoleh kejelasan bahwa pemberian cairan madu dengan konsentrasi 20% dapat melemahkan bakteri tersebut di piring percobaan.

Madu dan Kesehatan Mulut

Dalam artikel di sebuah majalah Dentgen, bulan Desember 2001, Prof. Amoln menegaskan bahwa madu bisa memainkan peranan penting dalam pengobatan penyakit-penyakit gusi, sariawan dan berbagai gangguan mulut lainnya. Hal itu juga disebabkan madu memiliki spesifikasi anti bakteri.

Madu dan Nafsu Makan Anak

Para peneliti dari Puslitbang Bogor mengungkapkan anak-anak yang mengonsumsi madu setiap hari lebih jarang terserang demam & pilek, serta meningkatkan nafsu makannya. Hal ini disebabkan madu merupakan makanan yang mengandung aneka gizi seperti asam amino, karbohidrat, vitamin (B, C & E), mineral (Kalium, natrium, zat besi dan lainya) dan terkandung senyawa yang bersifat membunuh bakteri.

Berdasarkan keterangan para peneliti tersebut, marilah kita menjaga kesehatan jasmani kita dengan cara mengonsumsi madu secara rutin dan teratur. Semoga kita dapat meraih beragam manfaatnya. Amin.  (dari berbagai sumber)