Wanita Tidak Berjilbab Bisa Masuk Surga??

22 Mar 2017Redaksi Konsultasi

Pertanyaan:
Saya ingin bertanya, apa wanita yang tidak berhijab bisa masuk surga?
Terimakasih.

Dania

Jawaban:
Alhamdulillah wassolatu wassalamu’ala rosulillah amma ba’du..

Surga telah disiapkan untuk mereka yang bertakwa, sebagaimana firman Alloh subhanahu wata’ala dalam surat ali Imron ayat 133,

وَسَارِعُوا إِلَى مَغْفِرَةٍ مِنْ رَبِّكُمْ وَجَنَّةٍ عَرْضُهَا السَّمَاوَاتُ وَالْأَرْضُ أُعِدَّتْ لِلْمُتَّقِينَ

“Bersegeralah kalian kepada ampunan dari Tuhan kalian dan kepada surga yang luasnya seluas langit dan bumi yang disediakan untuk orang-orang yang bertakwa.”

Sedangkan hijab adalah sifat ketakwaan karena ia adalah perintah dari Allah subhanahu wata’ala. Allah berfirman dalam surat al-Ahzab ayat 59,

يَاأَيُّهَا النَّبِيُّ قُلْ لِأَزْوَاجِكَ وَبَنَاتِكَ وَنِسَاءِ الْمُؤْمِنِينَ يُدْنِينَ عَلَيْهِنَّ مِنْ جَلَابِيبِهِنَّ ذَلِكَ أَدْنَى أَنْ يُعْرَفْنَ فَلَا يُؤْذَيْنَ وَكَانَ اللَّهُ غَفُورًا رَحِيمًا

“Hai Nabi, Katakanlah kepada isteri-isterimu, anak-anak perempuanmu dan isteri-isteri orang mukmin: “Hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya[sejenis baju kurung yang lapang yang dapat menutup kepala, muka dan dada] ke seluruh tubuh mereka”. yang demikian itu supaya mereka lebih mudah untuk dikenal, karena itu mereka tidak di ganggu. dan Allah adalah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.”

Ketika seorang wanita muslimah tidak berhijab, maka pada dirinya terhimpun ketaatan dan kemaksiatan. Dari sisi keimanannya dia taat dan dari sisi tidak berhijabnya dia bermaksiat.

Secara khusus wanita yang tidak menutup aurat diancam dengan neraka, sebagaimana yang disebutkan oleh hadis berikut:

صِنْفَانِ مِنْ أَهْلِ النَّارِ لَمْ أَرَهُمَا قَوْمٌ مَعَهُمْ سِيَاطٌ كَأَذْنَابِ الْبَقَرِ يَضْرِبُونَ بِهَا النَّاسَ وَنِسَاءٌ كَاسِيَاتٌ عَارِيَاتٌ مُمِيلاَتٌ مَائِلاَتٌ رُءُوسُهُنَّ كَأَسْنِمَةِ الْبُخْتِ الْمَائِلَةِ لاَ يَدْخُلْنَ الْجَنَّةَ وَلاَ يَجِدْنَ رِيحَهَا وَإِنَّ رِيحَهَا لَيُوجَدُ مِنْ مَسِيرَةِ كَذَا وَكَذَا

“Ada dua golongan dari penduduk neraka yang belum pernah aku lihat: Suatu kaum yang memiliki cambuk seperti ekor sapi untuk memukul manusia dan para wanita yang berpakaian tapi telanjang, berlenggak-lenggok, kepala mereka seperti punuk unta yang miring. Wanita seperti itu tidak akan masuk surga dan tidak akan mencium baunya, walaupun baunya tercium selama perjalanan sekian dan sekian.” (HR. Muslim)

Maksud tidak akan mencium bau surga artinya dia tidak akan masuk surga selamanya jika dia adalah seorang wanita kafir. Akan tetapi jika dia wanita beriman yang tidak menutup aurat maka maknanya dia tidak akan mencium bau surga sebelum masuk ke dalam neraka jika Alloh subhanahu wata’ala tidak mengampuni dosanya. Sebab seluruh manusia yang berdosa dari kalangan kaum muslimin pada akhirnya dia akan masuk surga walaupun dia masuk ke dalam neraka terlebih dahulu.

Rosululloh sholallohu ‘alaihiwasallam bersabda tentang adanya orang yang keluar dari neraka walaupun hanya memiliki keimanan yang sangat kecil:

يَخْرُجُ مِنَ النَّارِ مَنْ قَالَ لَا إِلَهَ إِلَّا اللهُ وَكَانَ فِي قَلْبِهِ مَا يَزِنُ مِنَ الْخَيْرِ ذَرَّةً

“Akan keluar dari neraka siapa saja yang berkata “lailaha ilallah” dan di dalam hatinya ada kebaikan seberat dzarrah (seekor semut terkecil).” (HR. Bukhori)

Jadi kesimpulannya, seorang muslimah yang tidak berhijab di akherat nanti berada di bawah kehendak Alloh subhanahu wata’ala. Bisa jadi dia akan diampuni sehingga akan langsung masuk surga tanpa di azab, atau dia tidak diampuni sehingga harus disiksa terlebih dahulu di neraka. Walaupun pada akhirnya dia akan masuk surga karena keimanannya.

Wallahualam…

Be Sociable, Share!