Universitas King Abdul Aziz, Akan Buka Program S-1 Teknik Khusus Perempuan

22 Dec 2011Redaksi Berita Islam Terkini

Universitas King Abdul Aziz Akan Buka Program S 1 Teknik Khusus Perempuan 300x221 .:: Universitas King Abdul Aziz, Akan Buka Program S 1 Teknik Khusus Perempuan.ARAB SAUDI – Pemerintah Arab Saudi akan segera membuka terobosan baru di sektor perguruan tinggi Universitas King Abdul Aziz, Jeddah, yakni berupa program teknik pertama khusus perempuan.

Menurut kabar, program ini mencakup persiapan satu tahun, dan empat tahun untuk menyelesaikan gelar sarjana. Adapun jurusan yang ditawarkan adalah teknik kelistrikan dan industri.

Abdul Malik al-Junaidi, sebagai dekan fakultas teknik menegaskan bahwa universitas menghabiskan waktu satu tahun untuk studi kelayakan. “Dari studi kelayakan mencatat sekitar 92 % dari anak perempuan mengaku minat dengan fakultas Teknik, dan 80 % orang tua mengatakan  tidak akan keberatan jika anak perempuan mereka memilih jurusan teknik,” ujar Malik, seperti dikutip alarabiya.net, Rabu (21/12/2011).

Dekan fakultas teknik, Abdulmalik al-Junaidi mengatakan universitas menghabiskan waktu satu tahun untuk studi kelayakan. “Dari studi kelayakan mencatat sekitar 92 persen dari anak perempuan mengaku minat dengan fakultas Teknik, dan 80 persen orang tua mengatakan  tidak akan keberatan jika anak perempuan mereka memilih jurusan teknik,” kata dia seperti dikutip alarabiya.net, Rabu (21/12/2011).

Untuk saat ini, jurusan yang dibuka hanya listrik dan industri. Alasanya, kedua bidang itu memungkinkan perempuan menjaga privasi mereka. “Nantinya setiap kelas hanya diisi 50-60 orang,” ungkap al-Junaidi.

Sebelumnya, Arab Saudi telah membuka program teknik khusus perempuan, tetapi terbatas di lembaga-lembaga swasta saja. (Admin-HASMI/alarabiya/pus).