Tafsir Ringkas Basmalah

29 Sep 2012Redaksi Tafsir Ringkas

بِسمِ ٱلله الرَّحْمٰنِ الرَّحِيـمِ

“Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang.”

 

– Penjelasan Kata

البَسْملة (Al-Basmalah) : Basmalah adalah ucapan بِسمِ ٱلله الرَّحْمٰنِ الرَّحِيـمِ

الإسم (Al-Ismu) : Isim adalah sebuah term (ungkapan) untuk menamai seseuatu agar ia dikenal dan dibedakan dari yang lain.

اللهِ (Allah) : Allah adalah nama untuk Dzat Robb Yang Maha Tinggi lagi Maha Suci, dimana Dia lebih dikenal dengan nama ini. Nama ini khusus kepunyaan Allah Ta’ala.

الرَّحْمٰنِ (Ar-Rohmaan) : Ar-Rohman adalah salah satu nama milik Alloh Ta’ala, nama ini berasal dari kata الرحمة (Ar-Rohmah) untuk menunjukkan banyaknya rahmat yang dimiliki-Nya

الرَّحِيـمِ (Ar-Rahim): Ar-Rahim adalah salah satu nama milik Allah, berasal dari kata Ar-Rahmah, yang berarti Yang Memiliki kasih saying bagi hamba-hamba-Nya dan melimpahkannya kepada mereka di dunia dan akhirat.

 

– Makna Basmalah Secara Umum

Aku memulai bacaanku seraya mengharap berkah dengan nama Allah Ta’ala Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang serta memohon pertolongan-Nya.

 

– Hukum Basmalah

Sangat dianjurkan bagi seseorang yang membaca setiap surat dalam Kitab Allah Ta’ala untuk membaca basmalah, kecuali ketika ia membaca surat At-Taubah, maka ia tak perlu membacanya. Apabila didalam shalat fardhu, maka basmalah ini dibaca secara pelan sekalipun shalat itu jahriyah (dikeraskan bacaannya). Dan disunnahkan bagi setiap orang untuk membaca basmalah pada waktu makan, minum, mengenakan pakaian, ketika masuk atau keluar masjid, ketika naik kendaraan dan pada setiap urusan yang baik. Selain itu wajib membaca “Bismillah, Allahu Akbar” ketika menyembelih hewan. (Red-HASMI).

 

 

Be Sociable, Share!