Seluruh Puskesmas Depok Beroperasi 24 Jam

26 Feb 2014Redaksi Berita

Seluruh Puskesmas Depok Beroperasi 24 Jam

DEPOK (www.hasmi.org) Pemerintah kota (Pemkot) Depok, seluruh Puskesmas akan beroperasi selama 24 jam, untuk meningkatkan pelayanan Dinas Kesehatan (Dinkes). Demikian hal itu terungkap dalam Forum Organisai Perangkat Daerah (OPD) Dinkes 2014 bertema Tuntas Pencapaian Target Renstra 2015 di hotel Bumi Wiyata,Depok, Jawa Barat,pada hari rabu (26/2/2014).

Anggota komisi D DPRD Kota Depok Lilis Latifa serta perwakilan dari Dinas, Kecamatan, Kelurahan, dan LSM se-Kota Depok. ”Kami akan mengupayakan untuk mempercepat pencapaian Rencana Program Jangka Menengah dan Panjang (PJMD) 2011-2016 agar dapat tercapai pada tahun 2015 nanti,” ujar Kepala Dinkes Kota Depok Noezamanti Lies.

Lies melanjutkan,dilakukan berbagai macam program,dengan menjabarkan 14 program kegiatan yang akan dilaksanakan pada tahun 2015 mendatang. Program tersebut yaitu peningkatan promosi kesehatan,peningkatan pelayanan kesehatan dasar,pencegahan penyakit menular dan tidak menular,peningkatan kesehatan keluarga, peningkatan dan pengembangan jaminan pemeliharaan kesehatan, peningkatan kesehatan lingkungan, peningkatan kewaspadaan pangan dan gizi.

Peningkatan kualitas SDM aparatur,pelayanan administrasi perkantoran, peningkatan sarana dan prasarana aparatur, peningkatan sistem pelaporan kinerja keuangan,peningkatan kualitas data dan perencanaan, pengembangan sistem pelayanan dan pengaduan berbasis teknologi informasi serta standarisasi pelayanan publik.

Seperti program peningkatan pelayanan kesehatan dasar,nanti akan dilaksanakan 37 kegiatan dan ada indikator kinerjanya. Indikatornya itu adalah operasional Puskesmas 24 jam dan terbangunnya atau terehabnya Puskesmas,” tutur Lies.

Beberapa hal yang menjadi masukan untuk Dinkes Depok antara lain seperti peningkatan penyuluhan penyakit DBD, pembuatan Septictank,serta pembuatan kartu BPJS secara kolektif. Selain pejabaran program,juga terdapat Tanya jawab dan penyampaian aspirasi dari pada hadirin yang datang.

“Semua aspirasi yang dikemukakan oleh peserta forum akan kami tampung dan akan kami masukkan ke Rencana Kerja Anggaran (RKA) Dinkes Depok. Semoga yang akan kita laksanakan dapat mencapai kesejahteraan yang baik bagi warga Depok,” pungkas mantan Direktur RSUD ini.(Red/HASMI/REPUBLIKA)