RUMAH BERSIH CERMINAN KELUARGA SEHAT

17 Oct 2013Redaksi Sehat Islami
 interior-rumah Tubuh yang sehat tentunya merupakan dambaan setiap individu keluarga. Tidak ada seorang pun yang mau lama-lama bergelut dengan yang namanya sakit. Nah, berbicara masalah sakit, terkadang tanpa kita sadari ternyata penyebabnya ada pada kondisi rumah kita sendiri yang jorok alias kotor. Kebersihan rumah yang terabaikan, sangat rentan mengundang berbagai penyakit ke dalamnya. Alhasil, anggota keluarga pun menjadi korban serangan penyakit. Kalau sudah begitu, kita sendiri yang akan dirugikan. Solusinya, tentu dengan membudayakan hidup bersih. Terutama di dalam lingkungan rumah. Dengan rumah yang bersih kita dapat mengurangi faktor risiko terjadinya penyakit. Di samping nyaman untuk ditinggali, mewujudkan rumah bersih juga merupakan sarana untuk mendapatkan kesehatan yang lebih baik. Dengan begitu, manfaatnya pun akan dirasakan oleh seluruh anggota keluarga.

Untuk itu, rubrik inspiratif kali ini akan memberikan beberapa tips sederhana untuk menciptakan rumah yang bersih.

  1. 1.   Perhatikan kebersihan dapur.

Ada baiknya mencuci piring yang ada di tempat cucian sedikit demi sedikit. Selain hanya akan memberatkan beban mencuci piring Anda, menumpuk cucian piring juga akan membiarkan bakteri berkembang dari sisa-sisa makanan di piring. Ingat, dapur adalah tempat pengolahan makanan yang akan disajikan kepada keluarga. Jika dalam satu ruangan yang sama ada bakteri yang berkembang di dalamnya, tentu ini akan mempengaruhi kualitas kehigienisan makanan kita.

Kemudian, sediakanlah tempat sampah untuk bahan kering dan basah. Berikan ventilasi yang cukup di dapur. Dan jangan lupa, terapkan pola hidup rapi setiap selesai memasak dengan menempatkan segalanya pada tempatnya lagi.

  1. 2.   Kamar mandi.

Jangan biarkan kamar mandi dalam keadaan lembab karena hal itu akan menumbuhkan jamur. Coba berikan sedikit celah untuk matahari. Sikat lantai kamar mandi dan bersihkan bak air secara rutin, agar air yang digunakan selalu dalam keadaan bersih.

Menaruh tanaman hias di kamar mandi juga bisa membuat suasana lebih asri dan segar. Jangan lupa taruh parfum dan kamper anti bakteri di kamar mandi.

  1. 3.   Merawat kebersihan kamar tidur.

Pastikan kamar selalu dalam keadaan bersih dan rapi karena disitulah kita menghabiskan waktu yang cukup lama untuk tidur. Jika kamar kotor, Anda pun akan gampang terserang penyakit.

Salah satu tempat yang berbahaya di kamar tidur adalah kasur. Bakteri bisa berkembang biak dengan cepat disana. Untuk itu, gantilah seprai dan cucilah sesering mungkin. Pilihlah bahan seprai yang menyerap keringat atau bahan lain yang tidak gampang berbulu. Jangan lupa untuk menjemur kasur di bawah terik matahari. Karena hal tersebut bisa membunuh bakteri.

Satu hal lagi, jangan tumpuk pakain kotor terlalu lama di dalam kamar. Selain akan menyebabkan bau tidak sedap, sangat dikhawatirkan banyak bakteri yang akan menyebar.

  1. 4.   Ruang keluarga.

Ruang ini berfungsi sebagai tempat berkumpulnya anggota keluarga. Di ruang inilah segala interaksi anggota keluarga di curahkan.

Jadi, harus diperhatikan pula kebersihan di dalamnya. Selalu bersihkan ruangan ini dari debu-debu dan benda-benda lainnya yang kotor, dengan menyapunya atau bahkan dipel. Perhatikan pula kebersihan sofa atau tempat duduk yang ada.

Kemudian jika memungkinkan, simpanlah pohon bambu kecil di tengah-tengah ruangan untuk menciptakan ruangan yang sehat, sejuk dan asri. Bambu bisa menjadi alat penyaring formaldehid (zat kimia yang banyak terdapat di furniture-furniture kayu) serta benzen (terdapat pada tinta, plastik atau bahan karet) yang berbahaya bagi kesehatan Anda dan keluarga.

Selain upaya-upaya di atas, hendaknya tiap anggota keluarga juga dibiasakan untuk berolah raga. Bisa dengan berjalan kaki atau lari di pagi hari. Bisa juga bentuk-bentuk olahraga lain yang menyehatkan dan dilakukan bersama seluruh anggota keluarga. Sebagai tambahan, alangkah baiknya jika program olah raga tersebut dibarengi dengan senantiasa berdzikir kepada Alloh  dan bertafakkur.

Nah, pembaca yang budiman, Islam sangat memperhatikan kebersihan dan kesehatan. Alloh  Yang Maha Indah mencintai keindahan. Tentu saja, tidak akan ada keindahan di dalam rumah yang kotor. Satu hal lagi, rumah yang bersih merupakan di antara sebab terjaganya kesehatan keluarga. Dan Alloh , lebih mencintai Mukmin yang kuat dibanding Mukmin yang lemah alias sakit-sakitan.

Namun, sangat disayangkan, dalam prakteknya terkadang kaum Muslimin banyak mengabaikan masalah ini.

Demikianlah di antara tips-tips menjaga kebersihan rumah, mudah-mudahan hal ini bisa memberikan inspirasi bagi Anda. Wallohu a’lam.