Pesan Di Gerbang Surga

11 Apr 2018Redaksi Aqidah

PESAN DI GERBANG SURGA

Bersamaan dengan turunnya Adam ‘alaihissalam dan Hawa dari surga ke bumi, Iblis pun diturunkan dari surga untuk kemudian tinggal di bumi yang sama dengan keduanya.

Dalam pelepasan kedua jenis makhluk Alloh subhanahu wata’ala itu, Alloh subhanahu wata’ala pun memberi pesan terakhir kepada mereka sebelum menjalani kehidupan yang sangat berbeda dengan kehidupan yang sebelumnya, yaitu kehidupan dunia yang penuh dengan liku-liku kesedihan dan kesulitan. Kehidupan yang penuh cobaan dan pertarungan di antara kedua jenis makhluk itu.

Alloh subhanahu wata’ala berfirman:

قَالَ اهْبِطَا مِنْهَا جَمِيعًا ۖ بَعْضُكُمْ لِبَعْضٍ عَدُوٌّ ۖ فَإِمَّا يَأْتِيَنَّكُمْ مِنِّي هُدًى فَمَنِ اتَّبَعَ هُدَايَ فَلَا يَضِلُّ وَلَا يَشْقَىٰ. وَمَنْ أَعْرَضَ عَنْ ذِكْرِي فَإِنَّ لَهُ مَعِيشَةً ضَنْكًا وَنَحْشُرُهُ يَوْمَ الْقِيَامَةِ أَعْمَىٰ

“Turunlah kalian semua dari surga! Sebagian kalian menjadi musuh bagi sebagian lainnya. Jika datang kepada kalian petunjuk dari-Ku, maka barangsiapa yang mengikuti petunjuk-Ku, ia tidak akan sesat dan tidak akan sengsara. Dan barangsiapa berpaling dari peringatan-Ku, maka sesungguhnya baginya kehidupan yang sempit dan akan Kami kumpulkan mereka pada hari kiamat dalam keadaan buta.”
(QS. Thoha [20]: 123-124)

قُلْنَا اهْبِطُوا مِنْهَا جَمِيعًا ۖ فَإِمَّا يَأْتِيَنَّكُمْ مِنِّي هُدًى فَمَنْ تَبِعَ هُدَايَ فَلَا خَوْفٌ عَلَيْهِمْ وَلَا هُمْ يَحْزَنُونَوَالَّذِينَ كَفَرُوا وَكَذَّبُوا بِآيَاتِنَا أُولَٰئِكَ أَصْحَابُ النَّارِ ۖ هُمْ فِيهَا خَالِدُونَ

“Kami berfirman: ‘Turunlah kalian semuanya dari surga itu! Kemudian jika datang petunjuk-Ku kepada kalian, maka barangsiapa yang mengikuti petunjuk-Ku, niscaya tidak ada kekhawatiran atas mereka, dan tidak (pula) mereka bersedih hati.’ Adapun orang-orang yang kafir dan mendustakan ayat-ayat Kami, mereka itulah penghuni neraka; mereka kekal di dalamnya.”
(QS. al-Baqoroh [2]: 38-39)

Turunlah Adam ‘alaihissalam dan istrinya untuk menjalankan tugas yang memang telah ditentukan sebelumnya.

(sumber : STH 3 Tugas dan Tujuan; Bab III)