Pengertian dan Contoh Taqlid

28 Mar 2017Redaksi Konsultasi

Pertanyaan:
Kang mau bertanya tentang pengertian taqlid dan minta contohnya??
Syukron Jazakalloh Khoir.

Paramican (PM-001)

Jawaban:
Alhamdulillah wassolatu wassalamu ala rosulillah, amma badu:

Seluruh materi tentang dakwah yang disebarkan oleh HASMI silahkan dishare kembali sebanyak-banyaknya. Semoga menjadi andil kita dalam berdakwah.

Kata “taqlid” adalah pecahan dari kata “qiladah” yang artinya kalung, dan arti dari taklid secara bahasa yaitu “meletakan kalung di leher”. Sedangkan menurut istilah dalam dunia fikih arti taqlid yaitu Mengikuti perkataan seseoarang tanpa mengetahui hujjah atau dalil yang digunakan olehnya.

Taqlid diperbolehkan bagi mereka yang tidak bisa mengambil ilmu langsung dari sumbernya. Hal ini berdasarkan firman Alloh subhanahu wata’ala:

فَاسْأَلُوا أَهْلَ الذِّكْرِ إِنْ كُنْتُمْ لَا تَعْلَمُونَ

“Maka bertanyalah kepada orang yang mempunyai pengetahuan jika kamu tidak mengetahui,” (Qs. an-Nahl [16]: 43)

Dalam ayat ini seseorang yang tidak memiliki ilmu pengetahuan bisa bertanya langsung kepada orang yang memiliki ilmu pengetahuan, dan tidak diperintahkan untuk merujuk sendiri ke dalil-dalil kitab atau sunnah, karena tidak semua manusia mampu melakukan pelacakan dalil dalam alquran dan assunnah.

Akan tetapi bagi mereka yang bisa mengambil ilmu dan istimbat dari sumber aslinya maka dia tidak boleh taklid.

Taqlid bisanya dilakukan pada dua keadaan:

Pertama, orang yang bertaqlid memang tidak bisa mengetahui hukum syari dari sumber aslinya, maka orang tersebut memang harus bertaqlid pada ulama.

Kedua, terjadi pada seorag mujtahid atau ulama, akan tetapi dia harus memecahkan masalah saat itu juga, dan tidak ada waktu baginya untuk menelusuri kita dan sunnah, maka ia boleh bertaqlid pada saat itu.

Banyak contoh taqlid yang terjadi saat ini, seperti seseorang yang melakukan gerakan ruku dan sujud ketika dia hanya mengikuti pandangan guru ngajinya, tanpa pernah tau dari mana dalil yang melandasinya.

Wallahu’alam.

Be Sociable, Share!