Mewaspadai Diare

26 Feb 2014Redaksi Sehat Islami

Mewaspadai Diare

Diare, sebuah penyakit yang bisa terjadi kapan saja, datangnya mendadak, bersifat akut dan berlangsung lama. Penyakit ini mungkin sering dianggap penyakit yang tidak perlu pengobatan yang khusus dan akan sembuh dengan pegobatan alakadarnya dirumah. Namun sebaiknya anda perlu mewaspadai bila diare terjadi pada anak anda.Anak memiliki kekuatan yang berbeda dengan orang dewasa. Selama diare akan banyak cairan tubuh yang terbuang, akibatnya kondisi tubuh akan mudah lemas.

Sakit diare bisa menyerang siapa saja tanpa pandang usia. Penyakit ini tidak bisa dianggap remeh karena berdasarkan data kesehatan yang terdapat di WHO, penyakit diare dapat menyebabkan kematian terutama pada anak-anak.

Penyebab sakit diare antara lain:

  1. Peradangan usus, usus besar pada tubuh berfungsi untuk menyerap sebagian air yang terkandung pada makanan, setelah diserap oleh usus besar, sisa atau ampas makanan yang terbentuk setengah padat (kotoran) dikeluarkan dari tubuh, jika terjadi peradangan pada usus ini, maka fungsi usus besar akan terganggu.
  2. Kurang gizi.
  3. Keracunan makanan tertentu.
  4. Tidak kuat atau alergi terhadap makanan tertentu, misalnya makanan yang pedas, atau asam.
  5. Virus atau bakteri.

Selain disebabkan bebeberapa faktor di atas, sakit diare dapat terjadi karena:

  1. Tidak mencuci tangan dengan bersih pada saat akan makan
  2. Menggunakan sumber air yang tercemar untuk di minum
  3. Tidak memasak air dengan benar (tidak benar-benar mendidih)
  4. Mencuci peralatan makanan dan minuman tidak bersih
  5. Mengkonsumsi makanan yang sudah terkontaminasi oleh bakteri

Pertolongan pertama pada diare:

Apabila anda atau anak anda terkena diare, maka pertolongan pertama yang harus dilakukan adalah dengan memberi cairan kepada penderita. Cairan tersebut berfungsi untuk mencegah terjadinya kekurangan cairan yang berlebihan pada tubuh penderita. Di antara cairan yang dapat diberikan sebagai pertolongan pertama adalah:

  1. Garam oralit.
  2. Larutan garam gula. Cara membuatnya adalah sediakan satu gelas teh hangat, kemudian larutkan gula sebanyak dua sendok teh dan sedikit garam dapur, aduk rata hingga larut dan berikan pada penderita.

Untuk sakit diare ringan, biasanya akan sembuh dengan sendirinya seiring dengan membaiknya proses pencernaan pada tubuh. Perlu di ingat, pertolongan pertama yang di berikan kepada penderita diare bukanlah untuk mengobati penyakitnya, namun hanya untuk mengobati gejala diare saja dan mencegah agar penderita tidak kekurangan cairan yang berlebihan (dehidrasi) pada tubuh.

Pencegahan diare bisa juga di lakukan dengan hal-hal kecil, namun bermanfaat. Misalnya: selalu mencuci tangan sebelum makan, meminum air sehat atau sudah di masak, menjaga makanan agar selalu dalam keadaan baik, menjaga lingkungan agar selalu bersih dan jauh dari segala kotoran sampah-sampah dan lain-lain.

Wallohu a’lam bishowab. (Red-HASMI)