Mengemban Tanggung Jawab

13 Jun 2014Redaksi Pernik Muslimah

Banyak cerita atau bahkan pengalaman secara pribadi dimana kita tidak fokus dalam mencapai tujuan, semua kadang-kadang teralihkan dari tujuan yang paling penting dalam hidup kita. Bahkan ada yang mengalami tapi tidak menyadarinya. Salah satu alasan utama kita tidak mencapai tujuan hidup kita adalah kurangnya komitmen. Namun setiap  orang akan mempunyai cara dan pola berpikir yang berbeda tentang bagaimana mereka ingin memecahkan masalah

Arti dari Sebuah Tanggung Jawab

Kita tentunya seringkali mendengar istilah tanggung jawab, Makna dari istilah “tanggung jawab” adalah “siap menerima kewajiban atau tugas”. Arti tanggung jawab tersebut semestinya sangat mudah untuk dimengerti oleh setiap orang. Tetapi jika kita diminta untuk melakukannya sesuai dengan definisi tanggung jawab tersebut, maka seringkali masih merasa sulit, merasa keberatan, bahkan ada orang yang merasa tidak sanggup jika diberikan kepadanya suatu tanggung jawab. Kebanyakan orang mengelak bertanggung jawab, karena jauh lebih mudah untuk “menghindari” tanggung jawab, dari pada “menerima” tanggung  jawab.

Banyak orang mengelak bertanggung jawab, karena memang lebih mudah menggeser tanggung jawabnya, dari pada berdiri dengan berani dan menyatakan dengan tegas bahwa, “ini tanggung jawab saya!” Banyak orang yang sangat senang dengan melempar tanggung jawabnya ke pundak orang lain.

Sebagian orang, karena tidak bisa memahami arti dari sebuah tanggung jawab; seringkali dalam kehidupannya sangat menyukai pembelaan diri dengan kata-kata, “itu bukan salahku!” Sudah terlalu banyak orang yang dengan sia-sia, menghabiskan waktunya untuk menghindari tanggung jawab dengan jalan menyalahkan orang lain, daripada mau menerima tanggung jawab, dan dengan gagah berani menghadapi tantangan apapun di depannya.

Bertanggung jawab atas diri sendiri adalah berhenti mencari jawaban di luar diri .karena kitalah menjalaninya, dan kesuksesan tersebut tergantung pada seberapa besar komitmen  dan tanggung jawab terhadap tujuan yang ingin dicapai. Makin besar tanggung jawab pada komitmen suatu tujuan, makin besar peluang kita akan berhasil dan sukses. Wallohu al’lam

 (Red-HASMI)