Jangan Lebay

29 Jan 2014Redaksi Rehat Sejenak

Jangan Lebay

Plis deh, Jangan lebay dong.! Mungkin kata itu sering kita dengar yah sobat muda saat kita melihat teman kita berlebihan dalam melakukan atau memakai sesuatu. Saat berbicara, bertingkah laku, atau juga memakai pakaian yang terlalu mencolok.

Istilah lebay ini sangat akrab di telinga kita sebagai anak muda yaitu identik dengan berlebih-lebihan. Tapi tau gak sobat bahwa berlebih-lebihan ini adalah sifat tercela yang dilarang oleh syari`at Islam.

Sesuai dengan firman Alloh subḥānahu wa ta'āla (glorified and exalted be He), “Makan dan minumlah kalian, dan janganlah ber-lebih-lebihan. Sesungguhnya Alloh tidak menyukai orang-orang yang berlebih-lebihan”. (QS. Al A`raaf : 31).

 Sobat muda..!!

Di jaman sekarang ini kita sering melihat teman-teman kita memakai pakaian yang serba kurang bahan, khususnya kaum pe-rempuan. Pakai baju ketat dan juga jeans sempit, terus ada juga yang celananya Hot pant terus pakai bajunya Tanktop. Kaya ga ada pakaian yang lebih pantas aja ya! apa bedanya dong sama hewan kalau begitu? Naudzubillah.

Tidak hanya itu sobat, lihat juga laki-lakinya yang sekarang lagi ngetrend baju distro, pakai kaos ketat dan celana kedodoran sampai kelihatan celana dalamnya. Atau juga pakai celana yang ketat abis. Mereka bangga dibilang anak gaul.

Padahal sobat muda, hal itu termasuk lebay dalam berpakaian, kenapa ? karena pakaian-pakaian tersebut melanggar syariat Islam, kan Alloh subḥānahu wa ta'āla (glorified and exalted be He) mensyariatkan wanita untuk menutup auratnya. Terus juga pakaian-pakaian yang seperti itu juga harganya mahal biasanya.

“Sesungguhnya pemboros-pemboros itu adalah saudara-saudara syaitan dan syaitan itu adalah sangat ingkar kepada Rabbnya”. (QS. Al Isra : 27)

Terkadang kita juga sulit menjaga sikap kita dalam bergaul dengan teman, iya gak sobat muda. ? Kita terlalu lebay bercanda dengan teman sampai kadang tidak enak kalau dilihat orang.

Apalagi sekarang ini sedang trend budaya kaum kafir yaitu pacaran. Hmm.., kalau udah ngomong-ngomong pacaran gini biasanya pada semangat sih.. Saat sekarang banyak pemuda yang kayaknya ga’ enak gitu kalau ga punya pacar, hidup tiada semangat.

Padahal sobat muda, pacaran itu sangat dilarang dalam islam. Karena dari pacaran itu adalah pintu masuk dari perzinahan.

Alloh subḥānahu wa ta'āla (glorified and exalted be He) berfirman, “Dan janganlah kamu mendekati zina; sesungguhnya zina itu adalah suatu perbuatan yang keji. Dan suatu jalan yang buruk,” (QS. Al-Israa’: 32)

Tidak dapat dipungkiri sobat muda, kita harus sedih apabila kita melihat para pemuda pemudi yang bukan Mahram berduaan di pinggir jalan, mereka ngerasa bagaikan dunia hanya milik berdua. Apalagi banyak juga yang pegangan tangan, pelukan, ciuman dan sebagainya.

Naudzubillah…

Terus juga anak muda sekarang maunya makan di tempat yang mahal-mahal, gengsi  katanya kalau makan di tempat-tempat yang ga bermerk. Padahal belum tentu makanan mahal itu lebih baik gizinya dari pada makanan yang murah tapi kaya akan gizi. Apalagi makanan mahal sekarang lebih identik dengan Junkfood yaitu makanan yang sedikit atau bahkan tidak memiliki gizi yang cukup untuk kebutuhan tubuh kita.

Dari Ibnu `Abbas raḍyAllāhu 'anhu (may Allāh be pleased with him) bahwa dia berkata: “Makanlah apa yang kamu inginkan, dan pakailah apa yang kamu inginkan, selagi tidak menimpa kamu dua perkara, yaitu sikap berlebih-lebihan dan sombong.”

Sobat muda.. oleh karena itu mari hendaknya kita jangan berlebih-lebihan (lebay) dalam segala sesuatu. Penuhilah segala sesuatu sesuatu sesuai dengan kemampuan dan kebutuhan kita. Lihatlah dari segala sisi apakah apa yang kita lakukan atau kita pakai ini sesuai dengan syariat Alloh dan bermanfaat bagi kita. [Red-HASMI/Aditya]