JAMSOSTEK (BPJS Tenaga Kerja) TERMASUK RIBA??

29 Mar 2017Redaksi Konsultasi

Pertanyaan:
Assalamu’alaikum…
Mau tanya dong, mengenai jamsostek/bpjs tenaga kerja itu didalamnya kan terdapat bunga yang berjalan. Termasuk kedalam riba atau tidak yaa?
Mohon penjelasannya

Azwar (AW-014)

Jawaban:
Bunga yang terdapat dalam BPJS yaitu bunga keterlambatan peserta, dan hal ini termasuk ke dalam riba yang dilarang dalam Islam. Bukan hanya unsur riba yang menyebabkan haramnya mengikuti BPJS dengan sukarela, ada juga unsur larangan lainnya yaitu unsur ghoror. Karena peserta diharuskan membayar iuran setiap bulannya tanpa dipastikan kapan ia akan sakit, sehingga ia bisa diuntungkan atau akan dirugikan.

Pengertian ghoror sebagaimana dikatakan oleh Al Jarjani adalah,  “Sesuatu yang ujung-ujungnya tidak jelas, hasilnya akan ada ataukah tidak.” (Al Mawsu’ah Al Fiqhiyyah, 31: 149).

Ghoror seperti inilah yang dilarang oleh Nabi shollallahu‘alaihi wasallam,

نَهَى رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- عَنْ بَيْعِ الْحَصَاةِ وَعَنْ بَيْعِ الْغَرَرِ

“Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam melarang dari jual beli hashoh (hasil lemparan kerikil, itulah yang dibeli) dan melarang dari jual beli ghoror.” (HR. Muslim)

Sehingga dari ini semua mengikuti program BPJS atau Jamsostek tidak dibenarkan dalam Islam, walaupun program itu akan sangat baik jika tidak ada unsur riba dan ghoror.

Wallahu’alam…