Jadi Anak Gaul Itu… Harus !

14 Mar 2014Redaksi Opini Islami

Jadi Anak Gaul Itu... Harus !

Tidak ada yang salah dengan kata GAUL. Akan menjadi masalah ketika diasosiasikan dengan kenegatifan. Selama ini kita memberikan konotasi jelek terhadap kata GAUL. ANAK GAUL sering diasumsikan pakaiannya selalu mode on mengikuti model-model yang sedang ngetrand. Atau bahkan anak gaul sering diidentikan dengan pakaian yang compang-camping, punk, model rambut yang bagaian depan lurus ke atas, samping kiri dan kanan plontos, atau jambul mania.

Seorang remaja yang GAULnya salah, sering kali mendapatkan cibiran dan cacian. Makin betahlah ia dengan kelompok sesama GAULnya. Grup-grup musik atau band adalah salah satunya yang menonjolkan tampilan-tampilan yang mereka sebut sebagai anak funk atau GAUL.

Gaul adalah berteman atau bersahabat. Kata gaul memiliki arti yang bisa diluaskan. Anak GAUL adalah mereka yang menghargai dirinya sendiri. Anak gaul adalah mereka yang yakin dirinya adalah sebaik-baik ciptaan Alloh subḥānahu wa ta'āla (glorified and exalted be He).

Sehingga ketika mereka menghargai dirinya sendiri, maka mereka akan berpenampilan yang menghargai dirinya sendiri, yang laki-laki rapi, wangi dan bersih. Sementara yang perempuan, rapi, bersih dan menutup aurat.

Betapa tidak, tubuh yang Alloh subḥānahu wa ta'āla (glorified and exalted be He) berikan kepada kita ini adalah limited edition, satu-satunya. Ketika rusak, tidak ada suku cadangnya, ketika cacat tidak bisa kembali semula seperti aslinya. Sehingga diri-diri kamu itu MAHAL, sob.

So, hargailah diri sendiri. Berilah kepatutan kepada diri-diri kamu. Berdandan dan berpenampilanlah yang patut.

Nah, Ketika kamu menyadari bahwa kamu adalah sebaik-baik ciptaan Alloh subḥānahu wa ta'āla (glorified and exalted be He), maka kamupun akan berperilaku yang sebaik-baiknya. Tidak nge drugs, tidak tawuran dan tidak melakukan perbuatan-perbuatan yang dilarang baik oleh agama maupun oleh norma-norma yang berlaku. Kemudian, kamupun akan selalu mengisi waktu-waktumu dengan sesuatu yang bermanfaat. Diisi dengan kegiatan-kegiatan yang membantu kamu meraih tujuan-tujuan hidup.

Anak gaul adalah yang berteman dan bersahabat dengan kebenaran. Menyuarakan kebenaran dengan lugas dan tegas, bahwa kebenaran adalah benar dan membela yang benar serta tidak membuat-buat pembenaran. Kebenaran datangnya dari Alloh subḥānahu wa ta'āla (glorified and exalted be He), yaitu wahyu Alloh subḥānahu wa ta'āla (glorified and exalted be He) berupa al-Qur’an dan Sunnah. Sehingga selalu berkeyakinan yang benar, yakin bahwa dirinya hamba Alloh  subḥānahu wa ta'āla (glorified and exalted be He) yang harus selalu melaksanakan perintah-Nya serta menjauhi yang dilarang-Nya. Selalu berkata-kata yang benar, jujur, berkata yang baik atau diam. Selalu berperilaku yang benar, perilakunya menginspirasi banyak orang dan lingkungannya. Merekalah para pahlawan kebenaran yang sepanjang zaman akan dibenarkan.

Anak Gaul adalah yang dekat dan berteman dengan ILMU. Dirinya selalu semangat meningkatkan kualitas kemampuan atau skill dirinya. Haus ilmu, bukan haus bertarung. Haus belajar bukan haus bolos. Haus membaca bukan haus melihat barca. Haus menuntut ilmu dan haus untuk mengamalkannya.

Anak gaul adalah mereka yang memiliki tujuan hidup yang mulia. Muda mulia, dewasa kaya-raya, tua bahagia dan mati masuk surga bertemu dengan Alloh . Gantungkanlah cita-citamu setinggi langit dengan kesuksesan yang mengakar membumi. Sayangnya, banyak remaja generasi kita kini kosong pada visi hidupnya dari tujuan yang mulia dan menantang.

Padahal, untuk menetapkan tujuan hidup atau impian itu GRATIS. Lha ini untuk bermimpi saja PELIT. Bermimpilah, namun bukan menjadi pengkhayal. Milikilah tujuan hidup yang menantang dan mulia.

Anak gaul adalah mereka yang selalu mengukir prestasi atau hasil dari setiap aktivitasnya. Mereka memiliki prinsip dalam kamus sanubarinya, bahwa hari ini lebih baik dari hari kemaren, sehingga menjadi orang yang beruntung. Semakin bertambah hari, maka semakin bertambah prestasi kebaikannya. Yang biasanya membaca al-Qur’an satu juz dalam dua hari, maka menjadi satu juz dalam sehari. Yang biasanya berinfak sekali dalam seminggu, menjadi satu kali absen infak dalam seminggu dan peningkatan amal-amal yang lainnya.

Anak gaul adalah mereka yang menjadikan Rosululloh Muhammad ṣallallāhu 'alayhi wa sallam (peace and blessings of Allāh be upon him) sebagai panutan, suri tauladan dan sumber inspirasi dalam kehidupannya. Selalu mengkaji dan membaca sejarah perikehidupannya, dan mencontohnya. Mereka yang membela Nabinya dengan mengikuti sunnah-sunnahnya. Mereka yang sangat rindu bertemu dengan Nabinya yang menunggu di telaga kautsar.

Anak gaul adalah mereka yang selalu berbakti dan bergaul dengan baik terhadap kedua orang tuanya. Mereka yakin bahwa keridoan Alloh berada dalam keridoan orang tuanya, murka Alloh berada dalam murka orang tuanya. Selalu berkata yang sopan dan santun kepada orang tuanya. Membantu orang tua dan selalu berdoa untuk keduanya, baik ketika masih hidup ataupun ketika sudah tiada.

Sahabat muda, jadilah ANAK GAUL..!! gaul yang BENAR. Yang bergaul dengan kebenaran dan pembela kebenaran.

(Red-HASMI/grms)