Cara Menghadapi Musuh Harakah-Harakah Islamiyyah

9 Jul 2010Redaksi Materi

Sebagaimana dimaklumi, bahwa musuh-musuh harakah-harakah islamiyyah sangat banyak sekali, bagaimanakan cara menghadapinya?

Jawab..

Tidak diragukan lagi bahwa harakah-harakah Islamiyyah diberbagai tempat memiliki musuh yang sangat banyak yang  bahu membahu dalam memusuhi dan menghadang mereka. Tanzhim atau pengorganisasian yang mereka (musuh) kelola ada yang dilakukan secara terang-terangan dan ada pula yang rahasia, yang membantu mereka (musuh) dengan berbagai dukungan, bantuan finansial, dan penyusunan strategi.

Menurut hemat saya dalam masalah ini, bahwa sudah menjadi kewajiban bagi semua negara-regara Islam dan seluruh kaum muslimin yang kaya-raya untuk memberikan bantuan kepada harakah-harakah islamiyyah tersebut yang ada diberbagai tempat dengan (mengutus) para da'i yang mukhlis, dikenal otoris keilmuan dan aktifitas keislamannya, jujur, sabar, aqidah yang lurus, dan dengan memberikan donasi berupa harta benda  yang akan membantu mereka dalam melaksanakan tugas dakwah dan menyebarkannya, serta akan membantu mereka untuk menghadapi musuh-musuh Islam, atau membantu dengan buku-buku, risalah-risalah dan buletin-buletin yang bermanfaat dalam berbagai bahasa disesuaikan domisili harakah-harakah islamiyyah tersebut.

Dan diperlukan pula adanya para pengawas bagi harakah-harakah tersebut yang sewaktu-waktu akan mengunjungi mereka untuk mengetahui kegiatan, kejujuran dan segala hajat kebutuhan mereka. Atau untuk mengarahkan mereka tentang berbagai aktifitas yang mesti dijalankan, dan memudahkan rintangan yang menghadang mereka.

Dan memberitahukan kepada mereka tentang sosok-sosok individu atau lembaga-lembaga yang menolong dan memberikan bantuan kepada musuh-musuh mereka, baik secara rahasia maupun terang-terangan, agar mereka mewaspadainya dan dapat berinteraksi dengan mereka (musuh-musuh tersebut) sebagaimana mestinya. Tidak diragukan lagi bahwa apa yang telah kami paparkan ini sangat membutuhkan usaha yang benar dan jiwa-jiwa yang beriman, yang menginginkan Allah Subhanahu Wa Ta'ala dan pahala negeri akhirat.

Kami memohonkan kepada Allah Subhanahu Wa Ta'ala agar memberikan kepada harakah-harakah Islamiyyah tersebut dan juga bagi ummat islam diberbagai tempat, sesuatu yang bermanfaat bagi mereka serta senantiasa memperhatikan kebenaran kepada mereka dan mengkokohkan diatas kebenaran tersebut, karena sesungguhnya Dia adalalah sebaik-baik Dzat yang diminta.

(Fatwa al-Syaykh Ibnu Baz, Majmu' Fatawa wa Maqalat Mutanawwi'at 5/253)

Be Sociable, Share!