Beriman Kepada Kitab-Kitab Alloh

24 Sep 2018Redaksi Aqidah

Di antara bentuk rahmat dan kasih sayang Alloh subhanahu wa ta’ala kepada para hamba-Nya adalah Dia mengutus para rasul untuk membimbing manusia kepada jalan yang lurus, kemudian menurunkan kitab-kitab-Nya kepada para rosul tersebut, yang di dalamnya berisi cahaya dan hidayah.

Alloh subhanahu wata’ala berfirman,

كَانَ النَّاسُ أُمَّةً وَاحِدَةً فَبَعَثَ اللَّهُ النَّبِيِّينَ مُبَشِّرِينَ وَمُنْذِرِينَ وَأَنْزَلَ مَعَهُمُ الْكِتَابَ بِالْحَقِّ لِيَحْكُمَ بَيْنَ النَّاسِ فِيمَا اخْتَلَفُوا فِيهِ

“Manusia itu adalah umat yang satu, setelah timbul perselisihan maka Alloh mengutus para nabi, sebagai pemberi berita gembira dan pemberi peringatan, dan Alloh menurunkan bersama mereka kitab yang benar, untuk memberi keputusan di antara manusia tentang perkara yang mereka perselisihkan.”
(QS. al-Baqoroh: 213)

Alloh subhanahu wata’ala juga berfirman,

قُولُوا آمَنَّا بِاللَّهِ وَمَا أُنْزِلَ إِلَيْنَا وَمَا أُنْزِلَ إِلَىٰ إِبْرَاهِيمَ وَإِسْمَاعِيلَ وَإِسْحَاقَ وَيَعْقُوبَ وَالْأَسْبَاطِ وَمَا أُوتِيَ مُوسَىٰ وَعِيسَىٰ وَمَا أُوتِيَ النَّبِيُّونَ مِنْ رَبِّهِمْ لَا نُفَرِّقُ بَيْنَ أَحَدٍ مِنْهُمْ وَنَحْنُ لَهُ مُسْلِمُونَ

“Katakanlah wahai orang-orang mukmin: “Kami beriman kepada Alloh dan kitab yang diturunkan kepada kami, dan kitab yang diturunkan kepada Ibrahim, Isma’il, Ishaq, Ya’qub dan anak cucunya, dan kitab yang diberikan kepada Musa dan Isa serta kitab yang diberikan kepada nabi-nabi dari Rabb mereka. Kami tidak membeda-bedakan seorangpun di antara mereka dan kami hanya tunduk patuh kepada-Nya.”
(QS. al-Baqoroh: 136)

Ayat di atas menunjukkan kewajiban beriman kepada para nabi dan rasul, dan beriman kepada kitab-kitab yang diturunkan kepada mereka.

Juga diterangkan oleh Rosululloh shollallohu’alaihi wasallam dalam hadits Jibril yang diriwayatkan oleh Imam Muslim, ketika malaikat Jibril bertanya tentang iman, kemudian dijawab oleh Rosululloh shollallohu’alaihi wasallam,

أَنْ تُؤْمِنَ بِاللهِ وَمَلاَئِكَتِهِ وَكُتُبِهِ وَرُسُلِهِ

“Engkau beriman kepada Alloh, dan malaikat-malaikat-Nya, Kitab-kitab-Nya,
dan Rosul-Rosul-Nya…”
(HR. Muslim)

Hal ini berarti tidak sah keimanan seseorang sehingga dia beriman dengan benar terhadap kitab-kitab Alloh subhanahu wata’ala.

Yang dimaksud beriman kepada kitab-kitab Alloh subhanahu wata’ala adalah meyakini dengan keyakinan yang kuat bahwa Alloh subhanahu wata’ala memiliki kitab-kitab yang Dia turunkan kepada para Rosul yang dikehendaki-Nya. Dan Dia turunkan dengan kebenaran yang nyata serta petunjuk yang terang. Kitab-kitab tersebut adalah Kalamullah, Firman atau Perkataan Alloh subhanahu wata’ala bukan makhluk. Maka wajib beriman secara global kepada semua kitab-kitab Alloh subhanahu wa ta’ala, dan wajib beriman secara rinci kepada kitab-kitab yang disebutkan namanya secara rinci.

Adapun cakupan dalam beriman kepada Kitab-kitab Alloh subhanahu wata’ala adalah sebagai berikut,

  1. Mengimani bahwa kitab-kitab tersebut benar-benar turun dari sisi Alloh subhanahu wa ta’ala.
  2. Beriman terhadap kitab yang kita ketahui nama-namanya. Kita mengimaninya sesuai dengan namanya, seperti beriman bahwa Alloh subhanahu wa ta’ala telah menurunkan kitab Al-Qur`an, Taurat, Injil dan Zabur, begitu juga Shuhuf Ibrahim dan Shuhuf Musa.
  3. Membenarkan berita-berita yang terdapat dalam kitab-kitab tersebut. Seperti berita-berita dalam Al-Qur`an, dan berita-berita dalam kitab-kitab sebelumnya yang belum mengalami perubahan atau penyimpangan.
  4. Mengamalkan hukum-hukum dalam kitab-kitab tersebut selama tidak dimansukh atau dihapus, dengan penuh ridha dan penerimaan, baik kita memahami hikmah di balik hukum-hukum tersebut maupun tidak. Adapun kitab-kitab terdahulu maka semuanya telah dihapus dengan turunnya Al-Qur`anul Karim kepada Rosululloh  sebagai kitab yang terakhir.

Sebagai seorang muslim kita wajib meyakini bahwa al-Qur’an adalah kitab termulia, diturunkan kepada Nabi yang paling mulia dan membawa syari’at paling mulia. Kita meyakini bahwa Al-Qur’an merupakan kitab terakhir, membenarkan kitab-kitab terdahulu sekaligus menyempurnakan syari’at-syari’at sebelumnya. Kitab inilah yang wajib diikuti syari’at-syari’atnya dan berhukum dengannya oleh seluruh umat Islam tanpa terkecuali, bersama dengan As-Sunnah yang juga merupakan wahyu Alloh subhanahu wata’ala.

Alloh subhanahu wata’ala menurunkan Al-Qur`an kepada Nabi Muhammad shollallohu’alaihi wasallam agar dijadikan pedoman hukum sekaligus sebagai obat penyakit yang ada di dalam dada, penjelasan segala sesuatu, hidayah dan rahmat bagi kaum mukminin. Alloh subhanahu wata’ala menurunkan Al-Qur’an agar manusia membacanya dengan penuh tadabbur, memperhatikan, mengikutinya dan mengamalkan kandungannya.

Kemudian menghalalkan apa yang dinyatakan halal dalam Kitabullah, mengharamkan apa yang dinyatakan haram dalam Kitabullah, mengamalkan ayat-ayat yang muhkam atau yang jelas, mengimani ayat-ayat yang mutasyabih atau yang butuh penjelasan, mereka adalah orang-orang yang berbahagia, yang mengerti nikmat Alloh subhanahu wata’ala yang besar ini, serta bisa mensyukurinya.

Adapun Kitab Taurat dan Injil yang ada di tangan orang-orang Yahudi dan orang-orang Nasrani saat ini, tidak diragukan lagi merupakan kitab-kitab yang tidak sah penisbatannya kepada Nabi Musa dan kepada Nabi ‘Isa. Sehingga tidak bisa dikatakan bahwa kitab Taurat yang ada di tangan Yahudi adalah Taurat yang diturunkan kepada Nabi Musa, tidak pula bisa dikatakan bahwa kitab Injil yang ada di tangan Kristen adalah Injil yang diturunkan kepada Nabi ‘Isa. Sehingga kedua kitab tersebut bukanlah Taurat dan Injil yang kita diperintahkan untuk mengimaninya secara rinci.

Hal itu disebabkan telah terjadi penyelewengan, pemalsuan dan perubahan yang dilakukan oleh tangan-tangan lancang orang-orang Yahudi dan nasrani terhadap kitabnya masing-masing. Hal ini sebagaimana Alloh subhanahu wata’ala terangkan dalam Al-Qur`an.

Alloh subhanahu wata’ala berfirman,

أَفَتَطْمَعُونَ أَنْ يُؤْمِنُوا لَكُمْ وَقَدْ كَانَ فَرِيقٌ مِنْهُمْ يَسْمَعُونَ كَلَامَ اللَّهِ ثُمَّ يُحَرِّفُونَهُ مِنْ بَعْدِ مَا عَقَلُوهُ وَهُمْ يَعْلَمُونَ

“Apakah kalian masih mengharapkan mereka akan percaya kepada kalian, padahal segolongan dari mereka mendengar firman Alloh, lalu mereka mengubahnya setelah mereka memahaminya, sedang mereka mengetahui?”
(QS. al-Baqoroh: 75)

Alloh subhanahu wata’ala juga berfirman,

فَبِمَا نَقْضِهِمْ مِيثَاقَهُمْ لَعَنَّاهُمْ وَجَعَلْنَا قُلُوبَهُمْ قَاسِيَةً ۖ يُحَرِّفُونَ الْكَلِمَ عَنْ مَوَاضِعِهِ ۙ وَنَسُوا حَظًّا مِمَّا ذُكِّرُوا بِهِ

“Tetapi karena mereka melanggar janjinya, kami kutuki mereka, dan kami jadikan hati mereka keras membatu. Mereka suka merubah perkataan Alloh dari tempat-tempatnya, dan mereka sengaja melupakan sebagian dari apa yang mereka telah diperingatkan dengannya…”
(QS. al-Ma’idah: 13)

Maka kewajiban kaum mukminin meyakini bahwa Taurat dan Injil yang ada di tangan Yahudi dan Nasrani tersebut bukanlah kitab yang diturunkan oleh Alloh subhanahu wata’ala kepada Rasul-Nya, namun itu adalah hasil penyimpangan Yahudi dan Nasrani terhadap kitabnya. Sikap kita adalah tidak membenarkannya sama sekali kecuali apa yang telah dibenarkan oleh Al-Qur’anul Karim atau oleh As-Sunnah. Dan kita mendustakan apa yang telah didustakan oleh Al-Qur’anul Karim atau As-Sunnah yang mulia. Adapun yang tidak ada keterangan Al-Qur’an maupun As-Sunnah tentangnya maka kita tidak membenarkan tidak pula mendustakannya.