Apakah Agama Islam dan Islam Itu Berbeda?

28 Mar 2017Redaksi Konsultasi

Pertanyaan:
Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh…
Terimakasih atas materinya, sehingga saya bisa menambah pengetahuan ttg islam. Mohon ijin mau tanya, saya pernah dapat pertanyaan apakah agama islam dan islam itu sama? apa ada bedanya juga? apakah orang yang taat kepada nabinya bisa disebut orang islam? misal orang yahudi yang taat pada nabi musa orang nasrani yang taat pada nabi isa ? Terimakasih

Subhi (SB-010)

Jawaban:
Islam atau agama Islam sama saja, artinya saat ini adalah ajaran yang dibawa oleh nabi Muhammad sholallohu ‘alaihiwasallam.

Di zaman Nabi Musa, mereka yang taat kepada nabi Musa disebut Muslim dan orang islam, yang berarti orang yang tunduk dan patuh terhadap syariat Alloh subhanahu wata’ala, di zaman nabi Isa pengikutnya pun dinamakan Muslim. Hanya saja setelah diutusnya nabi Muhammad sholallohu ‘alaihiwasallam, maka seluruh manusia harus mengikutinya.

Ajaran para nabi sebelumnya menjadi tidak berlaku. Taurot dan Injil menjadi tidak berlaku lagi walaupun seandainya kitab yang asli masih ada.

Rosululloh sholallohu ‘alaihiwasallam bersabda:

وَالَّذِى نَفْسُ مُحَمَّدٍ بِيَدِهِ لاَ يَسْمَعُ بِى أَحَدٌ مِنْ هَذِهِ الأُمَّةِ يَهُودِىٌّ وَلاَ نَصْرَانِىٌّ ثُمَّ يَمُوتُ وَلَمْ يُؤْمِنْ بِالَّذِى أُرْسِلْتُ بِهِ إِلاَّ كَانَ مِنْ أَصْحَابِ النَّارِ

“Demi yang jiwa Muhammad ada di Tangan-Nya, tidaklah seorang umat mendengar ajaranku baik Yahudi ataupun Nasrani kemudian dia mati dan tidak beriman terhadap ajaranku, kecuali dia tergolong penghuni neraka.” (HR. Muslim)

Wallahu’alam…